Breaking News

Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD

Skala Capaian Perkembangan Harian Anak –Contoh Format Ceklis Skala Capaian Perkembangan anak usia dini (PAUD). Pengertian Format checklist skala capaian perkembangan atau rating scale adalah checklist yang diturunkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang memuat indikator pencapaian perkembangan anak yang sudah ditetapkan sebelumnya dan indikator tersebut sudah tercantum di dalam RPPH.

Skala Capaian Perkembangan merupakan salah satu dari tiga teknik penilaian harian PAUD (selain dengan menggunakan Catatan Hasil Karya dan Catatan Anekdot PAUD).

Cara Membuat Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD

Untuk membuat skala capaian perkembangan (rating scale) ayah bunda harus membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH = RPPH) Kurikulum PAUD 2013. Pada RPPH tersebut telah ditentukan pula rancangan penilaian yang akan dilakukan?
Nah, dalam RPPH tersebut memuat indikator pencapaian perkembangan yang akan dijadikan instrumen penilaian dalam bentuk ceklis..

Catatan: Ceklis dapat dibuat per anak dalam satu periode tertentu, atau dapat pula dibuat per periode dengan mencatat nama semua anak



Selanjutnya jika capaian perkembangan sudah didapatkan, ayah bunda membuat tabel yang memuat kolom nomor, indikator penilaian, dan juga nama anak yang dinilai. Untuk jumlah baris menyesuaikan kebutuhan saja, berikut ini adalah contoh skala capaian perkembangan anak PAUD.

Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan anak usia dini (PAUD). Cara Membuat Ceklis Skala Capaian Perkembangan PAUD


Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD
SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN PAUD
Kelompok : ………………………………….
Hari / Tanggal : ………………………………….


KLIK DISINI, Download Contoh Checklist Skala Capaian Perkembangan Anak DOC
Keterangan:
  1. Indikator dalam format sesuai dengan tercantum dalam RPPH
  2. Setiap anak diukur ketercapaian perkembangannya sesuai dengan indikatornya.
  3. Kolom pencapaian perkembangan diisi dengan kategori 1 (BB), 2 (MB), 3 (BSH), dan 4 (BSB).
    • 1 (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
    • 2 (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
    • 3 (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
    • 4 (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
  4. Contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan “berdoa sebelum belajar”:
    • 1 (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau dicontohkan oleh guru
    • 2 (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Nia, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
    • 3 (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.
    • 4 (BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.

    Tidak ada komentar